Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Minggu, 28 Februari 2010

DINAS PENDIDIKAN KOTA SUKABUMI GENCAR LAKUKAN SOSIALIASI UN KE SEKOLAH-SEKOLAH

Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, secara gencar melakukan dan meng-intensifkan sosialisasi Ujian Nasional (UN) ke sekolah-sekolah, tentang tata cara UN, pengawasan dan sistem Ujian Ulangan bagi siswa yang tidak lulus. Adapun sosialisasi tersebut, dilakukan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi sebanyak enam putaran, yakni untuk tingkat SMP, SMA, SMK, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Gunung Puyuh dan Warudoyong, UPT Lembursitu, Baros dan Cibeureum, serta putaran ter-akhir UPT Citamiang dan Cikole. Maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut, menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sukabumi selaku Ketua Panitia UN Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriyatna, sebagai salah satu upaya untuk menekan angka ketidak lulusan siswa.

Dikatakannya, sosialisasi tersebut dilaksanakan dari tanggal 15 sampai dengan 24 Februari 2010. Sedangkan teknis pelaksanaan sosialisasi tersebut, yakni sejumlah sekolah berkumpul, sesuai kelompok dan jadual putaran sosialisasi, sekaligus membahas persiapan UN. Dikatakan pula, dalam setiap putaran sosialisasi, Panitia UN melibatkan lima orang, yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Sanusi Harjadireja, S.Pd., Kepala Kementerian Agama Kantor Kota Sukabumi, Drs. H. Abu Bakar Sidik, M.Ag., Ketua Panitia UN, Wakil Ketua Panitia UN, dan Kepala Seksi Kurikulum.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhailan UN di Kota Sukabumi, Panitia UN menghimbau para Kepala Sekolah dan guru, agar benar-benar menyiapkan seluruh siswa dengan matang, termasuk meng-intensifkan latihan-latihan soal UN kepada seluruh siswa. Selain itu, juga agar senantiasa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah ruangan dan pendistribusian soal UN.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada di Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, jumlah peserta UN Tahun Pelajaran 2009-2010, untuk tingkat SMP sebanyak 5 ribu 264 siswa, jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak 256 ruangan, dan jumlah Pengawas sebanyak 512 orang. Sedangkan jumlah peserta UN untuk tingkat SMA sebanyak 2 ribu 546 siswa, jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak 140 ruangan, dan jumlah Pengawas sebanyak 280 orang. Sementara jumlah peserta UN untuk tingkat SMK sebanyak 2 ribu 847 siswa, jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak 164 ruangan, dan jumlah Pengawas sebanyak 328 orang.

Adapun waktu pelaksanan UN Utama untuk tingkat SMA, SMK dan MA, yakni dari tanggal 22 sampai dengan 26 Maret 2010, untuk tingkat SMP dan MTS, dari tanggal 29 Maret sampai dengan 2 Mei 2010, serta untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UAS-BN) SD dan MI, dari tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2010. Sumber : Endang Sumantri Pemkot Sukabumi

Tidak ada komentar: