Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Rabu, 17 Agustus 2011

Menuntut Ilmu


bismillah..
semoga Allah Yang Maha Tahu segala-galanya membimbing kita untuk mengetahui siapa diri kita, lebih mengenal Allah, dan tau bagaimana hidup ini. tanpa mengetahui itu kita takan tau jalan pulang menghadap Allah.
apa yang kita rasakan jika kita dipanggil ‘bodoh’ oleh orang lain? sedih, kesal, marah, esmosi mungkin juga kita akan protes. tidak ada orang yang suka di katai bodoh. tapi kenapa kita sering kali kata bodoh ini meluncur dari mulut kita di lontarkan kepada orang lain dengan ringan nya?
kata ini adalah kata yang tak enak untuk di dengar, Bodoh yang dalam arti tidak tau apa-apa memang sangat menyedihkan. orang yang tdk tau apa” terkadang sering dijadikan bulan-bulanan mereka yang lebih banyak tau. makin sedikit ilmu yang kita tau makin terasa pahit hidup ini. tanpa pengetahuan, tangan dan kaki secara tidak langsung akan terbelenggu tidak bisa bergerak kemana-mana. cakrawala berfikir akan sempit. orang yang tidak berpengetahuan mungkin tdk akan tau akan janji Allah . sehingga ia pun enggan mencari dan menambah ilmu.
sungguh, semakin sedikit ilmu yang tdk kita ketahui akan terasa semakin pahit hidup ini . karena akan banyak masalah yang tidak terselesaikan. jadii .. kalo kita ingin sukses ingatlah janji Allah bahwa Allah akan mengangkat beberapa derajat orang yang berilmu.
“…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ” (Q.S Al-Mujadilah 11)
dan yang paling mengesankan lagi, ilmu itu adalah jalan menuju kebahagiaan. kita dapat mencapai apapun dengan ilmu.
semua akan bisa kita hadapi dengan ilmu, bagaimana mungkin kita bisa menyikapi segala perubahan tanpa menambah ilmu?? jika kondisi perubahan di sekeliling kita tidak di imbangi dengan pertambahan ilmu, yang ada justru hanyalah emosi dan ketegangan. maka tidak heran jika si skeliling kita banyak orang yang setres derpesi and then.. bisa gila. Na’udzubillai min dzaalik!
salah satu ciri orang yang kurang ilmu adalah hilang nya kearifan. dia selalu mengandalkan otot dan amarah. emosinya tdk terkendali. ingin nya marah terus menerus. sedikit aja tersinggung maka memuncaklah amarah sampai ke ubun-ubun. jika sudah seperti itu, dia tidak akan tau mana yang salah dan keliru .. eh, mana yang salah dan benar. solusi ketika kita dalam keadaan seperti itu, maka hendaklah kita untuk beristigfar.. karena sungguh, ketika dalam keadaan seperti itu. syetan yang ada di sekeliling kita akan dengan sangat mudah nya memasuki hati kita.,. na’udzubillah .. hendaklah kita tenang .. berpikir jernih, dan yang paling penting. bukalah hati kita untuk menerima saran dan masukan dari orang” di skeliling kita. karena pada saat itu merekalah yang dapat berpikir dengan benar (orang yang netral)
banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapat ilmu. sesungguhnya adalah pola belajar tiada henti yang ada pada kesungguhan tekad untuk melakukan nya. keterbatasan materi ataupun kemampuan fisik dan teknis tidak akan membuat seseorang mengurungkan niat belajar jika tekad nya sudah kuat.
belajar tiada henti harus dijadikan sebagai program harian. cobalah untuk saling bertanya setiap kali bertemu dengan teman untuk sekedar share, dan saling menanyakan “ilmu apa yang telah engkau dapatkan hari ini?” ilmu apa yang telah engkau amalkan hari ini?” sungguh yang seperti itu lebih indah dan lebih bermanfaat dari hanya sekedar mengobrol tanpa arah dan tujuan.
apa yang kita lihat, harus menjadi ilmu. kita harus mendapatka ilmu yang bermanfaat dari tayangan televisi yang kita lihat, walaupun sekarang 89% tayangan televisi kurang menjurus pada hal yang positif, malah bisa di bilang negatif semua yaa.. minimal berita” tentang kejadian di luar itu bisa jadi bahan pembelajaran dan juga renungan bagi kita.
kita harus menambah terus menambah ilmu, wawaswan dan pengalaman dari setiap aktifitas yang kita lakukan.
seseorang yang sudah tau arti kehidupan tidaka akan panik mengahadapi kehidupan. akan tetapi orang yang sedikit ilmu nya akan terombang-ambing tersapu ombak, dalam memenuhi kesenangan, akan membabi buta. ketika sedih ia akan terpuruk putus asa..

semoga dengan pertolongan Allah kita bisa melakukan amal perbuatan apapun dalam hidup di dunia ini, dengan ilmu pengetahuan yang benar. Wallahu a’lam … :)

semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar: