Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Selasa, 07 September 2010

Siap-siap Mudik, Yuk, Nak!


Tahun lalu boleh saja Anda dan pasangan batal mudik karena si kecil masih belum siap berjalan jauh. Tahun ini, jika si kecil sudah cukup usia dan bisa diajak jalan jauh, mengunjungi kakek-neneknya adalah ide bagus, sambil mengenalkannya pada kampung halaman.

Jangan sampai si kecil merasa bosan di perjalanan. Jika si kecil senang, Anda dan pasangan tentu ikut senang, kan? Simak tips berikut agar mudik lebih menyenangkan:

Utamakan Kesehatan
Sebelum memutuskan mudik, pastikan Anda mengetahui kondisi fisik si kecil. Mengetahui kondisi fisik buah hati sebelum bepergian jauh penting, karena perjalanan jauh memerlukan kondisi kesehatan yang baik, meski perjalanan ditempuh dengan pesawat terbang sekalipun.

Coba ajak si kecil untuk kontrol ke dokter. Minta vitamin yang biasa dikonsumsi si kecil meski kondisi tubuhnya cukup sehat, supaya staminanya tetap terjaga. Jika si kecil kurang fit, sebaiknya tunda keberangkatan sampai ia sembuh benar. Bila keadaan memaksa, siapkan obat-obatan yang diperlukan. Perhatikan kondisinya hingga mendekati keberangkatan, jika tetap tidak sehat, sebaiknya dibatalkan.

Dahulukan Perlengkapan Si Kecil
Biasanya, dalam proses mempersiapkan keberangkatan ke luar kota, A nda akan disibukkan dengan mengurus perlengkapan seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil.

"Huru-hara" dalam mempersiapkan segala hal ini biasanya membuat Anda melupakan 1-2 hal yang justru penting untuk dibawa. Untuk mengantisipasinya, buat daftar perlengkapan yang harus dibawa.

Mulailah dari perlengkapan si kecil. Kebutuhan anak-anak memang terlihat simpel, tapi benar-benar dibutuhkan dan diperlukan. Bawa segala kebutuhan si kecil, termasuk obat-obatan. Jangan lupa pakaian, alat mandi, susu, makanan, botol susu, lap pembersih higienis, termasuk selimut, kaus kaki, dan baju hangat.

Bawalah setiap perlengkapan lebih dari jumlah biasanya. Tujuannya untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu. Setelah mendaftar perlengkapan si kecil, baru lanjutkan ke perlengkapan keluarga lainnya.

Setelah menyusun perlengkapan, cek ulang bawaan Anda dan keluarga sesuai dengan daftar, agar tak ada barang yang tertinggal atau belum dimasukkan ke dalam koper.

Cek Kesiapan Kendaraan dan Akomodasi
Bila Anda memutuskan pergi menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek kondisi kendaraan yang akan dipakai. Sehingga perjalanan Anda akan terasa nyaman dan aman. Ingat, A nda membawa keluarga dan si kecil, lho. Bagi yang menggunakan akomodasi umum, jangan lupa cek semua perlengkapan tiket yang telah dibeli dan jangan sampai ketinggalan. Simpan dengan rapi di dalam dompet khusus semua dokumen perjalanan Anda, agar lebih mudah mencarinya bila dibutuhkan.

Berangkatlah lebih awal untuk menghindari keterlambatan agar memiliki waktu luang lebih, terutama bagi anak-anak yang tentunya akan banyak merepotkan, seperti mudah lapar, buang air kecil dan besar, rewel, bertengkar dengan saudaranya, dan sebagainya.

Pilih Tempat Wisata yang Aman
Berlibur ke kampung halaman biasanya juga dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata setempat. Namun, alangkah nikmatnya bila dilakukan dengan kondisi yang aman dan nyaman. Nyaman berarti tak terlalu penuh sesak oleh pengunjung lain dan aman bagi keselamatan si kecil.

Maka, penting bagi Anda untuk memilih tempat wisata, yang meski pun ramai pengunjung, tetap bisa memberi rasa nyaman dan aman bagi si kecil. Jangan lupa untuk tidak melepas perhatian Anda dari si kecil sekejap pun.

Anda perlu terus mengikuti aktivitasnya. Anda tentu tak ingin, kan, liburan mudik kali ini justru membuat anak jadi sakit atau justru terjadi peristiwa yang diinginkan. Buat si kecil tetap dalam jangkauan Anda.

Dokumentasikan Momen Mudik
Penting tidak penting, ternyata mendokumentasikan momen-momen tertentu di kala mudik akan sangat membantu si kecil untuk terus menikmati keindahan liburannya kali ini. Dokumentasikan aktivitas anak saat bersama kakek dan neneknya.

Hal ini akan menjadi ingatan indah buat si kecil. Dokumentasi ini pula yang dapat digunakan anak untuk "pamer" cerita kepada teman-teman dan gurunya mengenai liburan yang ia rasakan bersama keluarga. Jadi, biarkan memori indah terus melekat dalam benak anak-anak melalui dokumentasi.

Pulang dengan Selamat
Setelah berlibur bersama keluarga di luar kota, saatnya untuk kembali ke rumah. Sama seperti sebelum berangkat, untuk urusan pulang, persiapkan kembali perlengkapan yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Termasuk kondisi kendaraan, tetap harus dicek.

Setelah semuanya siap, cek pula kesehatan dan stamina keluarga agar di perjalanan pulang tetap dalam kondisi baik. Bawalah kendaraan Anda secara hati-hati dan sabar. Yang paling penting, berdoalah dalam perjalanan Anda.
Disalin kembali dari Tabloid NOVA by Akang Kasep Thea.

Tidak ada komentar: