Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Rabu, 02 September 2009

Gempa Mengguncang Jawa Barat - 2 September 2009

Proses evakuasi korban yang tertimbun longsor paska gempa di Desa Cicangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Kamis (3/9). Evakuasi sulit dilakukan karena material longsoran berupa batu-batuan.


Menjelang usiaku tepat 40 tahun pada tanggal 3 September. Beberapa kawasan Jawa Barat (termasuk Kota Sukabumi (tempat lahirku 40 tahun yang lalu) daerah Cipoho tempat tinggalku) digoyang gempa bumi yang cukup kuat sekitar pukul 14.52 WIB sehingga membuat panik warga di kawasan itu, Rabu (2/9)Gempa berkekutan 7,3 SR yang berpusat di 140 km barat daya Kota Tasimalaya tersebut terasa merata di seluruh kawasan Kota Bandung, Bandung Selatan, Padalarang serta kawasan lainnya.
Goyangan gempa bumi yang berlangsung sekitar 40 detik-an itu membuat warga berhamburan keluar rumah, demikian halnya para karyawan yang sedang bekerja di kantor.
Para siswa yang sedang belajar di dalam kelas keluar berhamburan. Sama halnya di pusat perbelanjaan juga sempat terjadi kepanikan. "Goyangannya kuat sekali, saya melihat sepeda motor yang diparkir sampai bergoyang-goyang. Benar-benar kuat," kata Ny Ina warga Cikutra Kota Bandung. Goyangan gempa juga dirasakan juga di Bandung Selatan.
Sementara di Tasikmalaya, gempa itu merobohkan Mesjid Ar Rahman di kawasan Pancasila dan mengakibatkan robohnya beberapa rumah di Kota Tasikmalaya.
"Ada dua kali gempa, namun yang kedua tidak terlalu kuat," kata Rana, seorang warga Cikutra. Hingga saat ini warga masih kuatir dan berada di luar rumah.

Tidak ada komentar: