Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Jumat, 21 Agustus 2009

SELAMAT DATANG RAMADHAN 1430 H/2009 M


Keutamaan Sholat Tarawih

Alhamdulillah ya sebentar lagi Ramadhan. Suenangg rasanya, karena di bulan itu nuansanya pasti berbeda. Semangat beribadahnya tinggi. Ruhiyah kita lebih terjaga. Pahala ibadah berlipat-lipat. Nafas menjadi harum karena berpuasa. Dan akan merasa lebih dekat dengan Allah dengan rajin beribadah di bulan Ramadhan?? Sudah mengagendakan mau melakukan apa saja di bulan ramadhan bukan? Harus punya target amalan harian lho...

Disetiap malam ramadhan kita dianjurkan untuk melakukan sholat tarawih bukan? Nah agar lebih bersemangat mengerjakannya, karena biasanya untuk sholat tarawih semangat diawal dan diakhir ramadhan jadi banyak yang bolong-bolong. Bisa karena kecapaean terlalu banyak jumlah raka’atnya, atau kecapean yang lain. Tapi tentunya bolong-bolong tarawihnya tidak berlaku bagi mereka yang istiqomah bukan??? So’ untuk itu, apa sih keutamaan sholat tarawih itu....?

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya rosululloh saw bersabda: ”Barangsiapa mengerjakan sholat sunah pada malam bulan ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairoh ra, ia berkata: Rosululloh saw sangat menganjurkan untuk selalu sholat sunnah pada malam ramadhan, tetapi tidak mewajibkannya, dimana beliau bersabda: ”Barangsiapa mengerjakan sholat sunnah pada malam bulan ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Muslim)

Yuk’s kita sambut ramadhan tahun ini dengan semangat’45...^_^

Sumber : Hadist Riyadush Shalihin, Imam Nawawi

Keutamaan Hari Jum’at

Hari ini hari jum’at. Rasanya ingin segera beristirahat di weekend kan kalau hari sudah menginjak jum’at. Kepenatan dan kesibukan bekerja serasa tidak berarti kalau liburan berada didepan mata. Kecuali bagi mereka yang di akhir pekan tetap bekerja dan berkarya. Waktu untuk keluarga barangkali sudah di alokasikan di hari yang lain. Untuk yang bekerja jauh dari keluarga, pasti sudah merencanakan untuk mudik di akhir pekan bukan? Berlibur untuk melepas kerinduan dan bercengkerama dengan keluarga tercinta.

Hari-hari kemarin yang sudah disibukkan dengan aktivitas keseharian dikantor ataupun di rumah, adalah sebuah anugerah, sebuah kenikmatan hidup. Detik, menit, jam, hari yang telah berlalu itu tidak akan kembali lagi bukan? Akhirnya sebuah kata –evaluasi- agar hari berikutnya lebih baik adalah sebuah solusi sekaligus pilihan. Nah, mumpung ini masih hari jum’at, evaluasi yuk’s tentang apa saja yang sudah kita kerjakan? Apakah itu bermanfaat untuk diri kita dan orang-orang disekitar kita? Apakah kita mengerjakannya dengan tulus? Ssssssssssssst...diamlah sejenak. Berpikirlah.

Sudah merenungnya??? Kita manfaatkan moment hari jum’at ini yuk’s agar pas liburan lebih jernih memikirkan agenda-agenda selanjutnya. Nah untuk itu kita perlu tahu keutaman hari jum’at. Bukan untuk mengajak ke hal-hal yang keramat lho.. karena itu syirik. Tapi untuk lebih memanfaatkan moment hari jum’at karena ia mempunyai keutamaan.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rosululloh saw bersabda; ”Sebaik-baik hari dimana terbit matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itulah, Nabi Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan dari surga.” (HR.Muslim)

Dari Abu Hurairoh ra, dari Nabi saw, beliau bersabda : ”Shalat lima waktu, Jum’at, dan Ramadhan adalah kafarat (penebus) atas dosa-dosa yang dilakukan diantara kesemuanya, selama dosa-dosa besar dijauhinya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, dan Ibnu Umar ra, bahwasanya keduanya mendengar Rosululloh saw bersabda di atas mimbarnya: ”Orang-orang boleh memilih, mau menghentikan kebiasaan meninggalkan sholat jum’at atau Allah sungguh-sungguh akan menutupi hati mereka, hingga mereka benar-benar menjadi orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya ketika Rosululloh saw membicarakan hari jum’at, beliau bersabda : ”Pada hari itu ada suatu saat, apabila ada seorang muslim yang sedang shalat bertepatan dengan saat itu kemudian ia memohon kepada ALLAH, niscaya Allah mengabulkan permohonannya.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya menunjukkan bahwa saat itu sangat sebentar. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Aus bin Aus ra, ia berkata Rosululloh saw bersabda : ”Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari jum’at, maka perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari itu karena bacaan shalawatmu pasti disampaikan kepadaku.” (HR.Abu Daud)

Ada sebuah cerita yang saya kutip dari bukunya Izzatul Jannah ’Karena Cinta Harus Diupayakan’. Di situ diceritakan bahwa ada seorang tukang becak, di Solo, ia rajin ikut pengajian. Suatu saat ia bersedih, karena ia tidak bisa bersedekah dengan harta dan ilmu. Hartanya hanya cukup untuk menghidupi keluarganya. Ilmunya tidak cukup untuk dibagikan. Ia hanya mempunyai tenaga. Maka setiap hari jum’at, ia bersedekah dengan tenaganya. Ia menggratiskan bagi siapa saja yang naik becaknya pada hari jum’at. Suatu saat ada penumpang seorang ibu-ibu. Ia naik becak tersebut pada hari jum’at. Begitu sampai didepan rumahnya, sang tukang becak tidak mau dibayar. Ia hanya meminta agar didoakan untuk bisa naik haji. Sang ibu terbengong-bengong. Ia masuk kedalam rumah dan menceritakan hal tersebut kepada suaminya. Suaminya ragu akan kebenaran cerita istrinya, maka ia meyakinkan dengan sholat jum’at dimana sang tukang becak sholat jum’at. Masjid tersebut adalah tempat dimana istri bapak tadi bertemu dengan tukang becak untuk naik sampai kerumahnya. Bapak tadi terus mengulang naik becak tersebut untuk menguji ketulusan sang tukang becak. Akhirnya sang bapak haji tadi bilang keistrinya bahwa iapun ingin bersedekah seperti tukang becak yang sering ia naiki pada hari jum’at. Ia ingin menghajikan sang tukang becak. Sang istripun tidak ingin kalah, ia juga ingin menghajikan istri tukang becak tadi.

Begitulah sepenggal kisah tentang seseorang yang bersedekah pada hari jum’at. Hari yang istimewa. Amalannya pun istimewa, sedekah. Karena setiap ruas tulang rusuk kita bukankah harus disedekahi juga. Tidak hanya harta dan ilmu. Tapi semuanya. Karena semua itu adalah titipan dari Allah.

Bukan maksud untuk menganjurkan agar hanya mengoptimalkan hari jum’at ketika beribadah atau berdoa. Karena hari-hari yang lainpun mempunyai waktu-waktu yang istimewa. Tapi hari jum’at itu mempunyai keutamaan tersendiri. So’ yuk’s kita manfaatkan moment hari jum’at ini...^_^

Sumber : Hadist Riyadush Shalihin, Imam Nawawi

Esok Ramadhan Lho

Subhanalloh... detik, menit, jam, hari dan bulan yang sudah berlalu,,,kembali mengantarkan diri kita ke bulan suci Ramadhan. Alhamdulillah.. nafas ini masih sampai untuk menghirup keberkahan bulan suci ramadhan... meskipun baru esok kita berpuasa, tapi kenikmatannya sudah mulai terasa. Nanti malam kita sholat tarawih... esok pagi kita sahur... siang hari menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa... ah sungguh nikmatnya suasana bulan ramadhan akan kita reguk kembali mulai esok hari...insyaAllah

Mulai mengevaluasi diri... apa ya targetan selama ramadhan di Tahun 2009 ini???? yang jelas ramadhan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin... sebagai moment metamorphosis, ramadhan akan mengantarkan diri kita kembali ke fitrah.. menjadi kupu-kupu yang indah, insyaAllah...

Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan...semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan menjalankan ibadah puasa ramadhan, mulai esok pagi hingga tiga puluh hari kedepan. Hingga akhirnya keberkahan ramadhan menghampiri dan menjadi milik kita... insyaAllah...


PANITIA PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL 2009
BADAN KOORDINASI SURVEI DAN PEMETAAN NASIONAL



* Pengumuman




PENGUMUMAN
Nomor : KP.01.02/31.03-KKH/VII/2009
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
BADAN KOORDINASI SURVEI DAN PEMETAAN NASIONAL
TAHUN 2009




Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan Strata 1 (S1) dan Diploma III (D3), untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BAKOSURTANAL dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut :

I. PERSYARATAN UMUM

* Warga Negara Indonesia
* Sehat Jasmani, Rohani dan bebas NARKOBA
* Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap. .
* Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
* Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang menjalani perjanjian /kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain.

II. PERSYARATAN KHUSUS

* Berusia minimal 20 tahun, dan maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009.
* Pelamar berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui Depdiknas.
* Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan :

NO

NAMA JABATAN

KODE


KUALIFIKASI
PENDIDIKAN

FORMASI
1 Surveyor Pemetaan SP

S1 Geodesi/Geomatika/
Surveying
11 Orang
S1 Geografi 6 Orang
S1 Kelautan 2 Orang
2 Pranata Komputer PK S1 Teknologi Informasi 6 Orang
3 Analis Kepegawaian AK S1 Administrasi Negara/Publik/ Manajemen SDM 1 Orang
4 Verifikator Keuangan VK D III Ekonomi Akuntansi 3 Orang
5 Arsiparis AR D III Kearsipan/ Administrasi Negara /Kesekretariatan 3 Orang





II. BERKAS LAMARAN
Surat Lamaran yang di tandatangani, dilampiri dengan :

* Fotokopi ijazah terakhir,surat tanda kelulusan TIDAK BERLAKU
* Fotokopi transkrip nilai pendidikan
* Fotokopi halaman judul dan abstrak tugas akhir/ skripsi
* Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
* Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar
* Daftar Riwayat Hidup dengan melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat keterangan bebas NARKOBA dari Dokter serta keterangan pendukung (pelatihan, pengalaman kerja, penghargaan, beasiswa, TOEFL,dsb).
* Membuat surat pernyataan format A1, yang ditanda tangani diatas meterai Rp. 6000,-

Seluruh berkas lamaran dimasukan dalam amplop coklat tertutup, dengan mencantumkan kode jabatan dan kualifikasi pendidikan yang dilamar pada sampul depan kiri atas amplop ditujukan kepada : Kepala BAKOSURTANAL , c.q. Kepala Biro Keuangan, Kepegawaian dan Hukum (KKH), PO. BOX 46-CBI Cibinong 16911 dan dikirim melalui pos.

Lamaran yang diantar langsung tidak akan diproses.

IV. KETENTUAN

* Periode lamaran mulai tanggal 3 – 31 Agustus 2009 (cap pos) dan diterima panitia paling lambat 4 September 2009, jam 15.00 WIB. (diluar periode tidak akan diproses).
* Seluruh lamaran yang masuk pada periode lamaran akan diikut sertakan dalam seleksi administratif, dengan ketentuan setiap 1 (satu) formasi, sebanyak-banyaknya akan dipanggil 15 (lima belas) orang pelamar untuk masuk pada tahap ujian tertulis.
* Hasil seleksi administrasi, dan jadwal, tempat serta pelaksanaan ujian tertulis akan diumumkan pada tanggal 14 September 2009 melalui situs BAKOSURTANAL (www.bakosurtanal.go.id).
* Keputusan Panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat.
* Seluruh tahapan seleksi tidak dipungut biaya apapun.






Cibinong, 31 Juli 2009
Ketua Tim Seleksi Penerimaan PNS
BAKOSURTANAL

ttd

Agus Prijanto

Tidak ada komentar: