Yendi Widya Kota Bengkulu Bunga Rafflesia Bunga Raflesia Kawan Kawan Kawan Yendi ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH WILUJENG SUMPING

Selasa, 09 Juni 2009

Fasilitas Pendidikan Dalam Keluarga Islam

Fasilitas Pendidikan Dalam Keluarga Islam. Pendidikan dalam keluarga Islam tidak pernah bisa terlepas dari tanggung jawab orang tua. Lembaga pendidikan hanya berperan sebagai partner pembantu. Tugas orang tua ini akan sangat terdukung jika mampu menciptakan suasana rumah menjadi tempat tinggal sekaligus basis pendidikan. Ada banyak cara untuk melakukannya.

Salah satunya adalah dengan melengkapi fasilitas pendidikan yang menunjang atmosfir belajar. Pengadaan fasilitas penunjang pendidikan haruslah menjadi prioritas utama dalam rumah tangga Islam. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

a. Tempat Belajar yang Menyenangkan

Kalau bisa, harus ada tempat belajar khusus untuk masing-masing anak. Seperangkat meja kursi sederhana dilengkapi dengan rak buku sudah bisa diciptakan sebagai meja belajar. Beri kebebasan serta tanggung jawab kepada mereka untuk mengurusi meja belajar masing-masing. Yang perlu diingat, peran orang tua diperlukan agar tempat belajar ini tetap menyenangkan bagi anak. Bantulah mereka mengurusnya sesekali untuk memberikan pengarahan yang benar.

Semakin baik dan menarik keberadaan fasilitas pendidikan, anak akan merasa bahwa kegiatan belajar adalah satu hal yang istimewa dalam keluarga. Selanjutnya, ini akan memacu motivasi belajarnya.

b. Media Informasi

Ilmu pengetahuan tak bisa dilepaskan kaitannya dengan media informasi. Karena dari sinilah sebagian besar ilmu pengetahuan akan diperoleh. Media ini bisa berupa televisi, radio, komputer, buku dan majalah.

Informasi yang disediakan oleh media tidak semuanya dibutuhkan oleh anak. Itu sebabnya, tindakan seleksi perlu dilakukan orang tua. Informasi yang bersifat hiburan boleh diberikan hanya sebatas sebagai refreshing, tidak berlebihan.

c. Perpustakaan

Untuk menumbuhkan motivasi pendidikan anak, buku adalah sarana yang paling tepat. Kecintaan anak terhadap buku mutlak harus ditumbuhkan sedini mungkin. Dan rumah adalah tempat yang paling cocok untuk keperluan itu. Alhamdulillah jika di dalam rumah bisa disediakan tempat untuk perpustakaan mini.

Tidak ada komentar: